Pacu Adrenalinmu, Ayo Ke Taman Sidandang!

Taman Sedandang
BAYANGKAN MANDI DI SUNGAI ALAMI, DENGAN PEMANDANGAN SEKELILING YANG HIJAU ROYO-ROYO. AIR SUNGAI ITU DEMIKIAN BERSIH, TIDAK ADA CEMARAN. ALIRAN DI LERENG BARAT PERBUKITAN MENOREH, AIRPUN DINGIN DAN BEGITU MENYEGARKAN. MAU COBA? DATANG KE TAMAN SIDANDANG.

Apa dan dimana Taman Sidandang? Taman Sidandang berada di Dusun Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Objek wisata itu sebetulnya adalah aliran sungai yang dikenal bernama Sungai Gintung. Mengapa menjadi taman? karena masyarakat tidak hanya menjual sungai, namun kawasan di sekitarnya.

Layaknya taman yang penuh vegetasi, demikian pula Taman Sidandang. Kawasan tepi sungai dipenuhi  rumpun bambu, pepohonan menjualang belasan meter dan bunga warna-warni yang ditanam warga. Warga juga membangun jalan setapak ratusan meter untuk mengakses sejumlah potensi wisatanya.

Ikon Sedandang
Syarat masuk Taman Sidandang hanya membayar tiket Rp 3.000 perorang. Masuklah taman yang terletak di tepi Jalan Purworejo - Sibolong penghubung alternatif Purworejo dengan Kulonprogo itu.
Pandangan pertama akan tertuju pada monumen dandang raksasa dan patung durian sebagai ikon objek itu. 

Tinggal pilih, mau belok ke arah kanan atau ke kiri. Apabila ke kiri, maka akan ada pelataran, bumi perkemahan, area ciblon anak-anak serta Curug Kedung Bunder. Outbond biasanya dilakukan di pelataran taman itu. Adapun area ciblon anak juga aman karena airnya dangkal dan tidak deras.
Curug Walangan

Lalu jika ke kanan, maka akan ada air terjun dengan kedung di bawahnya. Mulai titik itu hingga seratus meter ke hilir adalah area ciblon, khususnya untuk dewasa. Kungkum, mengapung, renang bebas, bahkan cliff jump bisa dilakukan di Sedandang. Selain itu juga ada Curug Walangan setinggi 30 meter yang airnya pecah di Sungai Gintung. Terdapat juga beberapa spot yang khusus dibuat pengelola untuk berfoto.

Canyoning : take by jepret
Namun ingat, tips yang wajib dipatuhi pengunjung adalah selalu meminta bantuan pemandu dan memakai jaket keselamatan ketika mandi di area ciblon dewasa. Pasalnya beberapa kedung atau lubuk di taman itu memiliki kedalaman 5 - 7 meter. Tentu sangat berbahaya bagi mereka yang tidak menggunakan pelampung. Sewa pelampung pun terjangkau, hanya Rp 5.000 sepuasnya.

Menikmati Taman Sidandang tidak hanya dengan ciblon. Ada paket wisata yang lebih ekstrim, yakni canyoning menyusuri aliran sungai dan menuruni beberapa air terjun. Untuk wisata minat khusus ini, Bogowonto Indonesia Adventure (BIA), mitra pengelola Taman Sidandag, berperan memandu.

Masih ragu ke Taman Sedandang? Ayo pacu adrenalinmu di sana! Tetapi ingat, keselamatan nomor satu, pakai pelampung dan patuhi pemandu!!!

How to Get There? Untuk menuju Taman Sedandang, tinggal arahkan kendaraan menuju Kecamatan Kaligesing. Monumen WR Supratman ke kiri (dari arah Magelang), apabila melihat gugusan Menoreh, maka arah Anda sudah benar. Taman itu terletak sekitar jalan alternatif Purworejo - Yogyakarta. 

Angkutan umum :
# Kereta api turun di Stasiun Kutoarjo - Kopada A atau bus arah Purworejo - Kopada jurusan Pandanrejo Kaligesing - turun di Taman Sedandang
# Bus turun di terminal Purworejo - Kopada A ke pusat kota Purworejo - cari Kopada jurusan Pandanrejo Kaligesing - turun di Taman Sedandang


Cliff Jump anak-anak setempat, no life jacket, jgn ditiru !


Life Jacket, Wajib!
Area Ciblon Anak-anak


Comments

  1. Tempat rekreasi Taman Sidandang cocok untuk ciblonan berasama teman dan keluarga nhi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts