Eksotisme Hutan Pinus Kalilo Kaligesing

HUTAN PINUS KALILO
SEBAGIAN Bentang alam Perbukitan Menoreh di Kabupaten Purworejo adalah hutan pinus yang dikelola Perhutani. Sebagian kawasan itu kini dimanfaatkan untuk pariwisata. Salah satunya adalah Hutan Pinus Kalilo di Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing yang sekarang ini kerap viral di media sosial. Mengapa viral ? karena tempat itu eksotis ! Banyak spot foto unik yang cocok diunggah di akun medsos, terutama instagram dan facebook. Kalau pikiran mau rileks, ke sana saja ! Begini_Keindahan_Pesona_Watu_Tumpang_Hutan_Pinus_Kalilo
Watu Tumpang
Sign KALILO
Framing Disini !
Tapi siapa sangka hutan pinus di tepi jalan raya Desa Donorejo Kaligesing - Gua Kiskendo Kulonprogo itu dulunya adalah semak belukar. Warga memasuki kawasan itu ketika akan merumput untuk pakan ternak.
Krentek pemuda mengembangkan kawasan muncul melihat kontur hutan Kalilo yang unik. Hutan itu dibatasi jurang yang dalam dan di lembahnya terlihat permukiman warga Kulonprogo. Pandangan dari ketinggian juga begitu bebas, sehingga bisa menatap matahari terbit hingga landscape Yogyakarta.  Terlebih mereka juga menemukan fenomena eksotis, yang dinamai Watu Tumpang. Watu Tumpang adalah sebongkah batu raksasa yang posisinya tidak lazim. Batu cadas puluhan ton berukuran p x l x t sekitar 6 x 2 x 4 itu terlihat melayang karena batu penopangnya lebih kecil. Namun batu tidak goyang apalagi ngglundung. Kekuasaan Tuhan menjadikannya begitu kokoh sehingga jadi salah satu ikon Hutan Pinus Kalilo.
Tebing cadas di sekitar Watu Tumpang juga disulap warga jadi tempat foto eksotis, unik dan layak instagram. Pengunjung dapat foto tulisan 'Kalilo' di atas batu cadas, atau foto berlatar belakang lembah di tepi batu cadas itu. Dari batu cadas dan Watu Tumpang itu, kita bisa melihat sunrise. Tentu jika prasyarat memungkinkan, seperti cuaca cerah dan bisa bangun gasik.
Juga ada bangunan kayu berbentuk segilima bagi pengunjung yang ingin foto berkonsep framing. Terdapat juga sejumlah spot foto yang dibuat ranting kering yang dirangkai menjadi mirip sarang burung. Termasuk replika rumah Hobbit yang mereka sebut Rumah Apus-apusan. Pengelola juga cerdas memanfaatkan beberapa pohon pinus untuk spot foto kekinian.
Selain berfoto, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Hutan Pinus Kalilo. Kalian yang punya jiwa petualangan juga dapat saja ngecamp mendirikan tenda dan menginap di lantai hutan pinus.
Spot Selfie !
Rumah Apus-apusan

RUTE Berwisata ke Hutan Pinus Kalilo termasuk tempat yang mudah dijangkau. Jalannya sudah bagus dan dapat dilalui mobil pribadi. Bagi yang dari Purworejo, tempuh perjalanan menuju Kecamatan Kaligesing lewat jalan alternatif Purworejo - Yogyakarta, kemudian arahkan kendaraan ke Gua Seplawan. Sebelum masuk objek gua, ada pertigaan belok kiri yang arah Gua Kiskendo Kulonprogo. Objeknya ada di sebelah kanan jalan.
Pengunjung dari Yogyakarta juga cukup mudah mengakses, arahkan kendaraan pribadi ke Jalan Godean, terus hingga Nanggulan dan naik sampai Gua Kiskendo. Lalu lurus sedikit lagi masuk jalan arah Gua Seplawan, maka akan sampai di Hutan Pinus Kalilo.
Pengunjung juga bisa naik angkutan umum dari Purworejo, yakni rute Purworejo - Donorejo. Namun memang tidak sampai langsung ke Hutan Pinus Kalilo, harus jalan kaki sejauh sekitar satu kilometer. Tapi jangan khawatir, jalan kaki dari Donorejo ke Kalilo ga bakal kepanasan, karena pepohonan di kanan-kiri jalan akan memayungi kita dari terik matahari.
Rindang

TIKETNYA juga murah gan, cuman Rp 2.000 perorang. Fasilitasnya juga sudah lumayan, ada warung makan, kamar mandi / WC, musala dan lahan parkir yang cukup luas.
 
CATATAN : Siapkan kendaraan selalu prima sebelum berwisata Hutan Pinus Kalilo, sebab ada banyak tanjakan yang harus dilalui di sepanjang jalurnya. Pengendara juga wajib dalam kondisi fit dan tetap konsentrasi. Ohya, foto-fotonya kok nirmanusia ya ? sebab saya datang ke sana pas mruput pagi-pagi, sehingga belum ada pengunjung. JANGAN LUPA SUBSCRIBE YA!

NOTE PENTING : JANGAN NYAMPAH GAN !!

KREATIF



Comments

Popular Posts