Dolan Kaligesing Kurang Lengkap Kalau Tidak ke Puncak Sigendol

PUNCAK Sigendol terletak di hutan pinus Dusun Kalilo Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Tempat itu termasuk objek wisata baru, namun karena unik dan murah, langsung jadi hits. 
Uniknya jelas karena posisinya yang tinggi, pandangan menjadi bebas kemana saja. Cobalah datang ke sana, maka pemandangan Yogyakarta terlihat jelas.
Awalnya kawasan Sigendol hanya hutan pinus biasa. Letaknya di tepi jalan poros desa penghubung Desa Donorejo dengan Dusun Kalilo Tlogoguwo. Jalur itu juga akses alternatif menuju Yogyakarta via Gua Kiskendo.
Beberapa kali saya lewat jalur itu, sebelum kawasan dibuka jadi objek wisata. Kesan ketika melintas adalah sejuk, jauh dari terik matahari dan tentu asri. Cuma bisa membayangkan saja suatu saat hutan pinus itu menjelma jadi objek wisata, ternyata sekarang terwujud. Menikmati_Keindahan_Yogya_dari_Puncak_Sigendol_Purworejo
Pemuda setempat memang cekatan menyulap kawasan menjadi enak dikunjungi. Mereka paham jika era kekinian seperti sekarang, siapapun yang berkunjung pasti ingin eksis di media sosial. Syaratnya, mereka akan mengambil foto tercantik sebagai bukti pernah datang berkunjung.
Peluang ini dimanfaatkan pemuda pengelola dengan membangun beberapa pojok foto selfi dan gardu pandang. Beberapa panggung foto dibuat di tepi tebing. Ya pandangannya memang bebas ke sisi timur atau Yogyakarta. Bahkan ada yang bentuknya unik, seperti perahu namun terbuat dari bambu.
Selfi Yuk !
Paling pas datang ke Sigendol adalah saat cuaca cerah. Syukur kalau datang pagi hari, mungkin punya kesempatan melihat pemandangan matahari terbit. Tempatnya saya lihat juga layak untuk camping, karena banyak tanah rata di bawah pohon pinus.
Namun untuk tujuan itu, tentu sobat semua wajib minta izin kepada pengelola. Malah barangkali akan dibantu berbagai prasarana sebagai bentuk layanan mereka.
Nah kalau mau ke Puncak Sigendol Tlogoguwo, kalian pengguna angkutan umum tinggal naik angkudes trayek Purworejo - Donorejo, tersedia beberapa di Purworejo. Turun di Donorejo dan tinggal jalan sedikit ke Sigendol.
Kalau naik kendaraan pribadi, dari Purworejo jalan ke arah Kaligesing, sampai di Desa Kaligono, tanya arah Gua Seplawan / Desa Donorejo. Kalian akan diberitahu untuk lewat jalan Palpitu, lalu naik terus sampai Donorejo. Tanya lagi di mana Sigendol, kalian pasti akan sampai.
Catatan : Kalau naik kendaraan pribadi, wajib hati-hati Sob! Sebab tanjakannya cukup curam dan ada jurang di sisi kanan serta kiri. Sebaiknya pakai driver yang punya pengalaman berkendara di Kaligesing. Kalau naik motor, mesin dan rem juga harus jos gandos! Selamat berwisata !!!

Syahdu

Sigendol

Sejuk

Comments

Popular Posts