Surga Tersembunyi di Sekitar Seplawan

GUA Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo telah menjadi objek wisata sejak tahun 80-an. Pengunjung yang datang ke tempat wisata itu disuguhi pemandangan gua dan gardu pandang. Pemandangan Yogyakarta, Waduk Sermo hingga pantai selatan terlihat jelas dari ketinggian.
Apakah hanya itu ? Jangan salah, ada satu cara lagi menikmati keindahan kawasan wisata Gua Seplawan. Tahukah kalian Bukit Lukita Loka ? Bukit tersebut ada di sebelah kiri gardu pandang Gua Seplawan.
Bukit Lukita Loka merupakan puncak tertinggi Desa Donorejo. Jelas kondisi itu membuat pandangan semakin bebas kemana saja. Yang jelas pemandangan sisi timur Seplawan yang merupakan wilayah Provinsi Yogyakarta tampak jelas.  Gardu_Pandang_Seplawan_Jadi_Objek_Pesona 
Gunung Merapi di sisi utara Yogyakarta pun terlihat jelas apabila cuaca mendukung. Tidak hanya itu, gugusan perbukitan di timur dan selatan Yogyakarta juga terlihat dengan jelas.
Dari atas puncak itu juga semilir angin laut terasa kencang. Tiupannya sampai menyebabkan ranting pohon cemara bergesekan dan menimbulkan bunyi gemeretak yang cukup kencang.   Untuk mencapai puncak Bukit Lukita Loka pun cukup mudah. Meski jalan mendaki, namun rutenya sudah tersedia sehingga pengunjung tidak akan tersesat.  
Sampai di puncak, aktivitas yang jelas bisa dilakukan adalah foto selfie. Suasana yang sejuk juga membuat siapapun betah berlama-lama di atas puncak.  
Ya.. membahas Gua Seplawan memang tidak ada habisnya. Bayangkan, gua ini ternyata adalah salah satu cagar peninggalan kebudayaan masa lalu. Masyarakat Hindu pada masa Kerajaan Mataram Kuno pernah berdiam di Seplawan.
Mereka menganggap Seplawan adalah tempat suci. Bukti peradaban masa lalu itu adalah ditemukannya arca emas Dewa Syiwa dan Dewi Parwati. Selain itu juga terdapat lingga dan yoni yang disebut warga sebagai Candi Gondoarum di halaman candi.
Kini Seplawan tidak hanya sebagai wisata budaya, namun juga kekinian. Pemerintah kabupaten menangkap peluang itu dengan membangun beberapa objek yang memudahkan pengunjung untuk tetap eksis.  Jangan salah, sinyal ponsel di kawasan gardu pandang dan Bukit Lukita Loka cukup bagus lho...!
....

Nah sekarang bagaimana menuju Seplawan ?
..
Jalur yang lazim ditempuh adalah akses Kaligesing - Palpitu - Donorejo...
Namun jika ingin jalur lain, ada rute Kaligesing - Tlogoguwo - Donorejo..
Jika dari Yogyakarta, tempuh perjalanan menuju Gua Kiskendo Kulonprogo, lalu terus ke barat hingga Desa Donorejo. Donorejo berbatasan langsung dengan Kulonprogo. Fasilitasi_Pengunjung_Goa_Seplawan_Dilengkapi_Tangga_Permanen



Pintu Masuk 
Gazebo
Jelajah Gua





 
 



Comments

  1. tempatnya bagus, sudah terbuka untuk kunjungan wisata belum mang?

    ReplyDelete
  2. Sudah mas, bukit itu masuk kompleks obwis Gua Seplawan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts