Fun Adventure di Taman Batu Gua Sikantong


Sunrise TBGS
Sunset TBGS
SATU Lagi destinasi wisata murah di Kabupaten Purworejo. Ada yang sudah tahu, setidaknya dengar Taman Batu Gua Sikantong ? Ya,, ya,, ya,, pasti sudah lah, kan objek itu akhir-akhir ini cukup viral di linimasa.
Taman Batu Gua Sikantong disingkat TBGS, adalah destinasi wisata di Dusun Sibentar Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing. Dinamai taman batu karena letaknya di puncak gugusan Perbukitan Menoreh, tahu sendiri kan Menoreh itu bukit karst atau kapur.
Namanya TBGS tentu objek utamanya adalah Gua Sikantong. Gua di ketinggian 600 mdpl ini masih sangat natural dengan ribuan stalagtit dan stalagmit, yang terus bertumbuh.
Namun tidak perut bumi yang dieksplor untuk wisata. Bagian permukaannya juga tidak kalah bagus. Vegetasi pinus Perhutani begitu rapat tumbuh di lereng Menoreh. Posisinya di puncak membuat view TBGS begitu bebas.Kesimpulan gampangnya, bisa ambil sunrise sekaligus sunset di Taman Batu Gua Sikantong. Puncak bukit TBGS itu juga amat sangat layak untuk fun camp.
Tidak hanya itu, kawasan sekitar TBGS juga mulai apik untuk dinikmati. Ada Curug Setawing, Hutan Pinus Kalilo, Kolam Renang Kalikotak, Gua Anjani, Canyoning Kembang Pancur (nanti mereka kita bahas satu-satu). Belum lagi seni budaya, ada beberapa grup kesenian dolalak. Termasuk kekayaan hayati dengan ribuan kambing Kaligesing dan kelinci.

Agenda TBGS

Menariknya lagi, TBGS tidak sekedar bentang alam saja. Pengelola dan sejumlah pegiat wisata Purworejo memanfaatkan TBGS untuk agenda wisata. Paling mudah adalah gelaran fun camp, camping asyik, menginap di tenda doom sambil berapi unggun ria malamnya.
Sedikitnya tiga kali fun camp digelar di TBGS, dengan peserta yang cukup banyak. Puncak fun camp digelar kemarin, pas malam pergantian tahun. Ramai tuh Sikantong.
Bayangkan saja, puluhan orang menikmati malam pergantian tahun dengan menyaksikan pesta kembang api di Kota Purworejo dari atas ketinggian. Hangat ditemani api unggun dan aneka makanan.
Uniknya malam tahun baru kemarin juga diisi gelaran #PestaRontekTBGS.  #PestaRontekTBGS ini tetap berupaya untuk menanamkan sikap responsif sekaligus inisiatif terhadap kearifan budaya lokal, artinya kemasan yang bersifat mendidik dikedepankan. Beberapa hiburan seperti live music dan seni pertunjukan rakyat Dolalak ditampilkan.
Pesta Rontek
#PestaRontekTBGS tidak mengenakan secara khusus harga tanda masuk, melainkan dipersembahkan terutama untuk warga sekitar yang belum berkesempatan menikmati hari baru nanti di tahun 2018. Kendati demikian rintisan paket wisata minat khusus tetap terlayani, seperti Photo Camp!
Sopo Jal
Photo Camp dirintis GenPI Jateng khususnya, bersama jejaring komunitas dan stakeholders-nya, berupaya mengemas forum diskusi sambil ‘mainkan kameramu’ agar ‘budayakan jepret’ atas momen-momen instagramable turut mendukung Program Pesona Indonesia. #PestaRontekTBGS
Aktivitas Photo Camp mendorong angle demi angle untuk didiskusikan ke depan terkait destinasi wisata, yang dalam hal ini dikemas ciamik dalam media out of home format 1,5 mx1 m atau sering dinamakan rontek (vertical banner) sebagai pembawa pesan. #PestaRontekTBGS

Itu sekelumit kisah TBGS dan pasti tahun ini akan ada banyak agenda di sana. Jadi siapkan baju hangatmu! Ndak usah bawa telo untuk dibakar, karena pasti akan disiapkan panitia.


Go to TBGS : Tugu WR Supratman (Pantok Purworejo) - Cangkrep - Kaligono - Tlogoguwo - Dusun Sibentar. Naik kopada Purworejo - Kaligesing - Pandanrejo, turun di Tlogoguwo !

Support data dan foto : Nanang Jepret @AsliPoerworedjo

Pesta Rontek


Siap-siap Pentas
Pentas di Atas Gunung




Comments

Popular Posts