Wisata Kekinian di Gunung Kunir

Gunung Kunir by Jepret
BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA TIDAK HANYA UNTUK MENGHILANGKAN PENAT AKIBAT AKTIVITAS HARIAN. MEREKA DATANG JUGA UNTUK MEMENUHI HASRAT UNTUK TETAP EKSIS, YAKNI DENGAN FOTO DAN VIDEOGRAFI. APALAGI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ALAT KOMUNIKASI JUGA MENDUKUNG AKTIVITAS ITU. ITULAH TREN KEKINIAN YANG SEKARANG SEDANG POPULER.

Maka jadilah berbagai tempat wisata yang menawarkan view menarik pasti akan dipadati pengunjung. Mereka asyik berfoto, lalu mengunggahnya ke akun media sosial. Unggahan itu menyebar dan semakin banyak orang datang ke sana.

Purworejo termasuk daerah yang menawarkan banyak lokasi wisata yang tidak sekedar layak, bahkan demikian indah dan pasti memberi kesan kepada pengunjungnya. Gunung Kunir di Desa Benowo, Kecamatan Bener, salah satunya.
Gardu pandang

Jangan bayangkan Gunung Kunir itu sama seperti Sindoro, Sumbing atau Merapi. Gunung Kunir tidak setinggi itu, bahkan jauh dari kata gunung aktif dengan dapur magma di dalamnya. Gunung Kunir adalah sebutan untuk salah satu puncak gugusan Perbukitan Menoreh di wilayah Benowo.

Dari puncak tertinggi yang letaknya di Benowo itu, kita bisa melihat panorama alam Magelang dan Purworejo. Tidak cukup itu saja, apabila cuaca cerah maka akan terlihat pemandangan Gunung Sindoro,
Golden Sunrise by Jepret
Sumbing atau Merapi.

Tempatnya di ketinggian dan bebas pohon penghalang juga menjadikan Gunung Kunir tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise. Apalagi kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat juga telah menyiapkan beberapa tulisan yang bisa dijadikan latar belakang foto selfie atau wefie.

Namun ada beberapa tantangan untuk menikmati keindahan puncak Gunung Kunir. Kita harus berjalan mendaki beberapa ratus meter. Namun tidak perlu khawatir, sebab pengelola telah membuat anak tangga dan pagar untuk mencegah wisatawan tergelincir gara-gara jalan licin. Selain itu, sepanjang perjalanan mendaki pun kita sudah disuguhi pemandangan lembah nan indah.

Penjelasan di atas kalau kita ingin berkunjung siang hari, nah bagaimana jika ingin melihat sunrise? Tentu harus mempersiapkan diri lebih matang lagi. Wisatawan bisa menginap di homestay yang disediakan pengelola, tentu alangkah baiknya menghubungi pokdarwis dulu sebelum datang ke Benowo.

Tidak sulit menuju Desa Benowo. Namun saran saya sebaiknya berkendara dengan sepeda motor. Mengendara mobil tentu boleh karena akses jalannya memang bisa, meski ruasnya sempit. Namun medannya yang menanjak dan penuh tikungan, sehingga sopir harus ekstra waspada. Sebaiknya memanfaatkan jasa sopir yang berpengalaman. Bersepeda motor pun sama, selain harus hati-hati, kondisi kendaraan juga wajib prima.

Ingat kawan, jaga Gunung Kunir dengan tidak buang sampah sembarangan dan merusak apapun. Jangan ambil apapun kecuali foto !!


Lantas bagaimana menuju Benowo?
Ada sejumlah akses yang bisa ditempuh, namun paling mudah lewat Jalan Purworejo Magelang - Pasar Kaliboto - Kaliurip - Kaliwader - Kalitapas - naik sampai Benowo. Akses yang dilewati adalah jalan aspal dari Kaliurip - Kalitapas, naik ke Benowo jalan rabat beton.

Lembah Menoreh
Tangga perjuangan
Berlomba menuju puncak











Comments

Popular Posts